Sebagai salah satu kemampuan dari kelima panca indera yang dimiliki manusia, penglihatan merupakan kemampuan yang sangat vital bagi manusia. Mengingat vitalnya indra penglihatan tersebut, seharusnya jika ada gangguan sedikit saja pada mata, seseorang pasti akan merasakan perbedaan yang begitu jelas.

Namun pada kenyataanya banyak orang yang kurang tahu mengenai cara deteksi masalah penglihatan, bagaimana penglihatan normal jika dibanding dengan penglihatan yang mengalami gangguan sehingga baru menyadarinya saat penglihatan sudah rusak. Jika mata mengalami kerusakan yang cukup parah maka akan sulit ditangani agar dapat kembali seperti semula. Hal ini pulalah yang menjadi faktor utama kebutaan karena sebetulnya kebutaan dapat dicegah apabila terdeteksi dan ditangani secara dini. Nah, bagaimana cara melakukan deteksi masalah penglihatan jika ada masalah atau tidak? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya cara deteksi masalah penglihatan sejak awal cukup sederhana dan mudah dilakukan, yakni dengan melakukan apakah mata masih bisa melihat baik dari 3 per 60. Cara ini dilakukan dengan meminta seseorang untuk berdiri sejauh tiga meter dari tempat anda berdiri, dan mintalah orang tersebut untuk tes menghitung jari. Jika seseorang tidak bisa menghitung jari sama sekali  pada jarak tiga meter maka bisa dipastikan masuk ke dalam kategori buta.

Namun apabila ketika melakukan tes bisa benar tapi sangat kesulitan dalam menghitungnya, itu merupakan tanda bahwa mata mengalami masalah. Disarankan untuk memeriksakannya lebih lanjut permasalahan tersebut agar mendapatkan penanganan yang sesuai sesegera mungkin.

Pada anak atau orang dewasa, cara deteksi masalah penglihatan secara sederhana ini dapat menunjukkan berbagai gangguan disebabkan efraksi seperti rabun jauh yang dapat diatasi dengan penggunaan kaca mata ataupun lasik. Sementara pada orang tua, masalah penglihatan pada umumnya disebabkan oleh katarak yang dapat ditangani dengan operasi.

Penanganan kebutaan sejatinya bisa secara langsung ditangani dan mudah bila dideteksi sejak dini, namun semua hal tersebut butuh orang yang mengerti akan hal ini dan peduli terhadap orang disekitarnya. Karena hal inilah deteksi masalah penglihatan sedari dini begitu penting dan wajib dilaksanakan.